Jumat, 10 Agustus 2012

Lima Anggaran Khusus Untuk Siswa Kelas 3 SMA

Menjadi seorang siswa (siswa sebenar-benarnya) memang butuh banyak perjuangan. Berbeda dengan siswa asal-asalan yang tidak punya tujuan jelas dalam karier berpendidikannya ataupun dengan siswa yang punya cita-cita tinggi tapi tidak ada usahanya. Nah, puncak perjuangan sebagai seorang siswa tentu saja di tingkat akhir, yaitu kelas 3 SMA. 


Di tingkat akhir inilah, kita berjuang semaksimal mungkin untuk meluluskan diri dari sekolah kita tercinta dan menjadi seorang mahasiswa di Perguruan Tinggi yang menjadi tujuan kita selanjutnya. Berbagai usaha akan kita lakukan dan tentu saja hal itu mengorbankan waktu dan biaya. Tidak sedikit orangtua siswa yang menyiapkan anggaran khusus untuk anak-anaknya yang telah duduk di kelas 3 SMA. Untuk itu, siswa kelas 3 SMA harus tau anggaran apa sajakah yang kira-kira akan diperlukan dalam menempuh perjuangannya. Berikut contoh Lima Anggaran Khusus Untuk Siswa Kelas 3 SMA.


1. Bimbel
Bimbel itu penting terutama dalam menambah pemahaman siswa tentang suatu materi pelajaran, apalagi siswa kelas 3 SMA yang bersiap menghadapi ujian sehingga banyak materi yang tadinya belum paham harus segera dipahami sebaik mungkin. Oleh karena itu, banyak siswa yang sebelumnya tidak ikut bimbel berbondong-bondong mendaftar bimbel dan yang pasti harus bayar bimbel tentunya.

2. Buku Latihan Soal Ujian
Setelah mendaftar bimbel, biasanya kita akan mendapatkan buku pegangan dari lembaga bimbel yang kita ikuti. Namun, sepertinya belum lengkap jika kita tidak juga membeli buku latihan soal ujian di toko-toko buku terdekat. Lumayan untuk menambah pengetahuan dan keterampilan dalam menghadapi tipe soal ujian, baik ujian akhir maupun ujian masuk perguruan tinggi. Tiap siswa minimal punya satu buku kumpulan soal untuk satu mata pelajaran penting, ataupun satu buku latihan soal ujian yang memuat semua mata pelajaran.

3. Tambahan Uang Saku
Nah, dengan mengikuti program bimbingan belajar apalagi yang intensif tentu saja membuat waktu belajar kita bertambah sehingga kita pulang lebih sore ataupun malah pulang malam. Disinilah kita butuh tambahan uang saku. Biasanya tanpa diminta, orang tua kita telah menambahkan jatah uang saku kita.

4. Biaya Pendaftaran Perlombaan Akademik dan Try Out
Salah satu cara memperbesar peluang kita untuk menembus perguruan tinggi favorit adalah dengan menyertakan berbagai sertifikat perlombaan. Apalagi kalau bisa menang perlombaan. Untuk mengikuti perlombaan, tentu butuh biaya pendaftaran. Kecuali kalau dibiayai oleh sekolah. Jadi, rajin-rajinlah mengikuti lomba apalagi kalau kelas 1 dan 2 SMA sama sekali belum pernah mengikuti lomba. Selain perlombaan, kita juga bisa mengikuti Try Out untuk mengasah dan menguji kemampuan kita. Untuk Try Out yang berbayar, tentu saja butuh biaya pendaftaran. Apalagi kalau ikutnya sering, semakin besar pula biayanya.

5. Biaya Perpisahan dan Pernak-perniknya
Yang satu ini jelas tidak boleh dilewatkan, supaya perpisahan berlangsung dengan baik, tentu para siswa harus disiplin untuk segera membayar biaya patungan untuk perpisahan di sekolah. Biayanya biasanya enam digit dan kamu pun harus mempersiapkannya.

Nah, demikian Lima Anggaran Khusus Untuk Siswa Kelas 3 SMA menurut admin. Ada yang kurang menurut pembaca? Silakan tambahkan di komentar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Entri Populer